Camping Ceria Mandalawangi

Sekian lama gak pernah camping atau kegiatan outdoor, saya bersama temen-temen mencoba camping ceria di mandalawangi camping ground yang berlokasi di cibodas. berangkat dari depok sekitar jam 13, selama perjalanan cuaca cukup cerah dan lancar hanya macet di pasar cisarua. sekitar jam 16.30 kami sampai di cibodas, sesampai di lokasi parkir mandalawangi kami mengontak penyedia sewa tenda. kemudian kami masuk ke lokasi camping ground, disini banyak titik camping pertama kita cek lokasi di deket komodo/kadal, tapi tempatnya kurang cocok, kemudian naik keatas ada danau/empang dan lagi-lagi kurang cocok dengan tempatnya. setelah berkeliling akhirnya kami mendirikan tenda di deket sungai yang kami rasa cukup strategis. Setelah tenda didirikan kami sholat, istirahat sejenak dan mandi. Oia, air disini cukup dingin untuk mandi di sore hari jadi kalo yang gak kuat dingin lebih baik di lap-lap aja ya hehehe, dan kami beruntung dekat dengan MCK yang cukup bersih. karena kami datang terlalu sore jadi kurang mengeksplor sekitar camping ground.

Camping Ceria Mandalawangi Cibodas
Camping Ceria Mandalawangi Cibodas

Setelah sholat maghrib dan isya, kami mulai memasak dengan perbekalan yang dibawa. saat malam hari warung-warung di deket tenda kami tutup, padahal ada yang harus dibeli. jadi kita harus keluar dulu dari camping ground jika ingin mencari warung. kami juga sekalian mencari jagung untuk dibakar, dan kita ke bawah lagi ke parkiran bus cibodas untuk cari jagung akhirnya dapet disitu. kemudian kembali ke tenda dan memanggang ayam yang sudah dibawa, agak sulit untuk menyalakan baranya karena gak bawa bahan bakar untuk membakar arangnya kemudian inisiatif buat nyari sampah plastik. setelah arang menyala mulailah kami bakar-bakar ditengah kesunyian malam mandalawangi karena saat itu hanya 2 tenda yang camp di lokasi itu dan hanya kami yang melakukan aktivitas di luar tenda 😀 sembari memagang ayam, kami membakar kayu yang sudah dibawa dari depok. lagi-lagi butuh usaha untuk menyalakan kayu, panas dari bakaran kayu agak menghangatkan tubuh di dari hawa dingin cibodas.

Ayam bakar siap dihidangkan, saat menyantap makan malam agak sedikit horor karena disitu hanya kami yg diluar dan ditemani suara burung. tapi karena lapar dan hawa dingin, kita abaikan itu. selesai makan malam semua membereskan sisa makanan dan mencuci peralatan makan untuk menghindari tamu yang tidak diundang hehehe selanjutnya masuk kembali kedalam tenda dan berbincang-bincang dengan obrolan ringan hingga semua tertidur. ketika camping didaerah pegunungan sangat disarankan membawa sleeping bag (kantung tidur).

Sekitar jam 5 kurang kami semua bangun untuk sholat subuh, udara dan air pagi ini cukup menusuk ke tulang. karena udara masih cukup dingin selesai kami kembali masuk tenda, sekitar jam 6 pagi keluar untuk membuat sarapan dan minuman untuk menghangatkan tubuh. saat memasak, tiba-tiba ada tamu tak diundang datang. sekumpulan monyet mencoba untuk mendekat, untuk yang itu harap berhati-hati ketika di pagi hari.

Sarapan Pagi Camping Ceria Mandalawangi
Sarapan Pagi Camping Ceria Mandalawangi

 

Leave a Reply