Integrasi Aplikasi Puskesmas (SIMPUS) dengan PCare BPJS

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem Informasi yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas. SIMPUS ini terdiri atas berbagai modul yaitu: Admin Sistem (manajemen user), Loket, Poli BP/umum, Poli Gigi, Lab/Radiologi, Apotek, Poli KIA, UGD, Rawat Inap dan Kegiatan Luar Gedung/UKM. SIMPUS menggunakan sistem yang berbasis web yang dapat diakses secara online dari perangkat handphone, laptop ataupun pc yang terkoneksi dengan internet. Sehingga memungkinkan koneksi online Dinas Kesehatan ke Puskesmas secara real time.
P-CARE atau kepanjangannya Primary Care merupakan sistem informasi pelayanan pasien yang ditujukan untuk pasien berstatus BPJS-Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Bidang Kesehatan) berbasis komputer dan online via internet.
Sesuai dengan namanya maka P-CARE yang ditujukan bagi pelayanan primer (puskesmas) dan didalamnya melakukan pengolahan data mulai dari pendaftaran, bagian penegakan diagnosa, pemberian terapi, hingga pemeriksaan laboratorium.
P-CARE dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, merupakan pengembangan dari aplikasi pelayanan kesehatan yang dulunya digunakan untuk SIDokkel digunakan juga di Puskesmas terutama untuk verivikasi peserta secara online.

Kenapa harus double entry ?
Adanya perbedaan tempat server dan adanya perbedaan utilisasi kebutuhan data antara SIMPUS dengan P-CARE menyebabkan double entry oleh petugas Puskesmas. Namun hal itu tidaklah menjadi beban dengan adanya Sistem Integrasi Simpus dengan P-Care.
Bisakah SIMPUS dan P-CARE disatukan?
Integrasi dapat diimplementasikan dengan baik karena dengan menggunakan webservice yang diberikan oleh pcare.

Berikut ini contoh pendaftaran kunjungan pasien dari SIMPUS ke PCare :

Leave a Reply