Pendakian Gunung Arjuno

Berawal ingin mendaki gunung Semeru tapi hingga waktu yang ditentukan TNBTS belum membuka pendakian untuk Semeru, akhirnya memilih alternatif gunung yang lokasinya gak jauh dari malang. kemudian dipilihlah Gunung Arjuno.

Rabu, 17 April 2019 semua rakyat di indonesia menikmati pesta pemilu. setelah memberikan hak suara saya, siangnya saya berangkat menuju timur pulau jawa tepatnya ke kota malang. Perjalanan ke Kota Malang dilakukan menggunakan kereta matarmaja yang berangkat pada jam 15.15 dan kereta berangkat sesuai jadwal perjalanan. perjalanan menuju malang menempuh waktu cukup lama sekitar 16.5 jam tapi semua dinikmati agar perjalanan tidak membosankan. Sekitar jam 8 kereta tiba di stasiun Kota Malang Baru setibanya di peron, banyak sekali pendaki yang membawa kulkas mereka.

Sesampai di malang, saya tidak langsung bergegas menuju basecamp tetapi memilih untuk mengisi perut terlebih dahulu untuk sarapan di sekitar taman sebrang stasiun kota malang. Setelah sarapan kemudian melanjutkan perjalanan menuju basecamp tretes menggunakan bus, sekitar jam 11.00 sampai di basecamp tretes. Disini kami menunggu pengurusan simaksi dan ishoma karna waktu dzuhur hampir tiba. Kemudian mengecek kembali perlengkapan sebelum melakukan pendakian.

Pendakian dimulai sekitar jam 14, jalur pendakian dari basecamp menuju pos 1 memiliki track yang cukup lumayan enak dengan jalur dengan bebatuan yang tersusun rapih dan sekeliling jalur pendakian masih dikelilingi perkebunan. Perjalanan dari basecamp tretes menuju pos 1 (pet bocor) ditempuh sekitar 30 menit.

Pendakian gunung arjuno

Selepas pos 1 menuju pos 2 track pendakian mulai menguras energi, track yang terus menanjak dan jalur pendakian yang cukup terik sehingga perlu persediaan air yang cukup agar tidak dehidrasi. Kemudian sepanjang jalur pendakian tidak terdapat sumber air. Hari mulai senja tetapi belum sampai juga di pos 2 dan hujan sesekali mengguyur perjalanan kami.

Leave a Reply